RSS

5 penyakit menular dan tidak menular menahun .


Nama  : suherman
Nim : 210 240 057
Semester VI epidemiologi
         



   SOAL
1.      Sebuutkan penyakit menular dan menahun sebanyak 5 penyakit…………
2.      Sebutkan penyakit tidak menular menahun sebanyak 5 penyakit…………
3.      Sebutkan 3 contoh penyakit tentukan kausa primer & non kausal (sekunder)….
JAWABAN  5 penyakit menular menahun  (1)
1.      Penyakit Kusta adalah penyakit infeksi yang berlangsung dalam waktu lama, penyebab penyakit kusta adalah Mycobacterium leprae. Menyerang saraf  tepi sebagai tujuan pertama, lalu kulit dan saluran pernapasan bagian atas, kemudian dapat ke organ lain kecuali susunan saraf pusat. Nama lainnya adalah Lepra atau Morbus Hansen
Penyakit kusta atau lepra (leprosy) atau disebut juga Morbus Hansen, adalah sebuah penyakit infeksi menular kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Indonesia dikenal sebagai satu dari tiga negara yang paling banyak memiliki penderita kusta. Dua negara lainnya adalah India dan Brazil.
2.      Hepatitis C adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV)
yang menjangkiti hati, Infeksi dapat bersifat akut dan berkembang menjadi kronis (menahun) dengan ditandai jaringan parut hati (fibrosis), dan jaringan parut tersebut dapat berkembang ke seluruh jaringan hati (sirosis). Jika keadaan hati sudah sampai pada tingkat sirosis,selanjutnya akan berkembang sebagai gagal hati, termasuk kanker hati
dan mengancam kehidupan penderita. 
3.       Filariasis adalah penyakit menular menahun yang disebabkan oleh infeksi jenis parasit nematoda atau cacing Filaria limfatik yang ditularkan oleh nyamuk Mansonia, Anopheles, Culex. Penyakit Filariasis disebut penyakit kaki gajah.
4.      Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang di sebabkan oleh “virus hepatitis “ (HVB). Virus Heppatitis B (HBV) seratus kali lebih ganas (infections) dan  sepuluh kali lebih banyak  (sering) menularkan . Hepatitis B kronis merupakan penyakit nekroinflamasi kronis hati yang di sebabkan oleh infeksi virus hepatitis B perasisten. Hepatitis  B keronis di  tandai dengan HBsAg positif (> 6 bulan) di dalam serum ,tingginya kadar HBV DNA dan berlangsung peruses neokroinfalamasi kronis hati .
5.      Penyakit HIV /AIDS
HIV\AIDS merupakan penyakit keronis yang menyerang dan melemahkan kekuatan anti bodi tubuh .Gejala HIV AIDS mulai tampak pada periode tertentu. Gejala dendam dan sakit hati bisa tampak pada saat itu juga dan akhirnya menahun. Apa yang dirasakan penderita sebagai gejala HIV AIDS bisa jadi diperparah karena gejala dendam dan sakit hati. Apalagi kalau gejala HIV AIDS itu didapatkan dari orang yang selama ini sangat dipercaya semisal pasangan hidup, baik istri maupun suami.

JAWABAN  5 penyakit menahun tidak menular  (2)
1.      Penyakit ginjal penyakit yang berlangsung lama , pada beberapa kasus  gejala penyakit ginjal yang terasa dapat hilang begitu saja ,bahkan gejala penyakit ginjal tidaik akan terasa selama bertahun-tahun akan tetapi ketika penyakit ginjal tersebut sudah mencapai kepada penyakit ginjal keronis bahkan hingga gagal ginjal
2.      Penyakit Poliomyelitis
Poliomyelitis atau polio, adalah penyakit paralisis atau lumpuh yang disebabkan oleh virus. Agen pembawa penyakit ini, sebuah virus yang dinamakan poliovirus (PV), masuk ke tubuh melalui mulut, mengifeksi saluran usus. Virus ini dapat memasuki aliran darah dan mengalir ke sistem saraf pusat menyebabkan melemahnya otot dan kadang kelumpuhan (paralisis).
3.      penyakit PNEUMONIA
penyakit Pneumonia adalah sebuah penyakit pada paru-paru di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer menjadi "inflame" dan terisi oleh cairan. Pneumonia dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk infeksi oleh bakteria, virus, jamur, atau parasit. Pneumonia dapat juga disebabkan oleh iritasi kimia atau fisik dari paru-paru atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau terlalu banyak minum alkohol.
4.      PENYAKIT STROKE
Penyakit Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi bio-kimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel otak.
5.      Penyakit jantung
Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Ada berbagai macam gangguan dan penyakit yang dapat mempengaruhi bagian manapun dari jantung

Jawaban 3 penyakit non kausal (kausal sekunder dan kausal perimer (3)
1.      penyakit hepatitis .
v  kausal perimer ( penyebab utama )
Hepatitis biasanya terjadi karena virus, terutama salah satu dari kelima virus hepatitis, yaitu A, B, C, D atau E. Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus.
v  Kausal non( kausal sekunder) (penyebab lain)
 Penyebab hepatitis non-virus yang utama adalah alkohol dan obat-obatan.

2.      Penyakit penomenia
v  kausal perimer ( penyebab utama )
infeksi oleh bakteria, virus, jamur, atau parasit. Pneumonia dapat juga disebabkan oleh iritasi kimia atau fisik dari paru-paru
v  Kausal non( kausal sekunder) (penyebab lain)
terlalu banyak minum alkohol.
3.      Penyakit jantung
v  kausal perimer ( penyebab utama )
 penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri karena penumpukan zat lemak secara berlebihan di lapisan dinding nadi pembuluh koroner.Hal tersebut dipengaruhi oleh pola makan yang kurang sehat yang disertai gaya hidup kurang gerak, kecanduan rokok, hipertensi, dan kolesterol tinggi sehingga mempengaruhi pembentukan bekuan darah.

v  Kausal non( kausal sekunder) (penyebab lain)
Penyebab lain adalah bakteri yang menyebabkan infeksi pada jantung.

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar