RSS

pendahuluan kkn



HALAMAN PENGESAHAN


Laporan ini diajukan sebagai realisasi dalam pelaksanaan Program Kerja Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Parepare Angkatan XV Tahun 2013 di Desa Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang dan sekaligus sebagai laporan akhir dari kegiatan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Parepare yang dilaksanakan pada tanggal 16Agustus sampai dengan 12 Oktober 2013.
Disahkan Di     :           Kecamatan Alla
                                                                                                Kabupaten Enrekang
Pada tanggal     :           21 Oktober 2013
Mahasiswa KKN UMPAR
Angkatan XV Tahun 2013 Kelompok 104
Desa Pana Kecematan Alla Kabupaten Enrekang


Koordinator Desa



Suryaman
NIM : 210190 085

Sekretaris



                        Sitti Rahmah
NIM : 210 110 102
Disahkan oleh:
Kepala Desa Pana




Yusram Yunus

Dosen Pembimbing




Amir Patintingan, S.Pd, M.Pd
          NBM. 856600

Mengetahui,
Camat Alla



CHANDRA DJAJA,S.Pd, M,Si
NIP. 19580321 198312 1 003
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT atas Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penyusunan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMPAR Angkatan XV Tahun 2013 di Desa Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang dapat terselesaikan.
KKN yang merupakan salah satu bagian dari mata kuliah adalah suatu bentuk nyata pengabdian dan pengaplikasian Ilmu ditengah-tengah masyarakat yang tentunya kita sebagai mahasiswa dituntut untuk tampil serba bisa di depan masyarakat serta dituntut untuk seakurat mungkin untuk menentukan program baik fisik maupun non-fisik yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat, di samping itu kita juga dituntut untuk bersosialisai untuk menjalin relasi yang positif dengan seluruh elemen masyarakat guna untuk mensukseskan seluruh program yang telah dicanangkan.
            Kami menyadari sepenuhnya, bahwa dalam pelaksanaan program kerja dan sampai pada penyusunan laporan hasil program kerja tidak terlepas dari keterbatasan dan kekurangan yang kami miliki.Oleh karena itu, kami membuka diri untuk menerima kritik dan saran yang konstruktif dari semua pihak yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini dan untuk  perbaikan pada kegiatan-kegiatan lainnya dimasa mendatang. 
Laporan ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Mahasiswa KKN UMPAR Angkatan XV Tahun 2013 dan merupakan evaluasi dari Program Kerja yang di dalamnya disajikan acuan untuk melihat sejauh mana keterlibatan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu dan pengabdiannya kepada masyarakat. Demikian pula bagaimana sikap dan respon masyarakat terhadap peserta KKN selama menempati lokasi Kuliah Kerja Nyata tesebut.
Melalui laporan ini, kami mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat serta telah tulus ikhlas memberikan bantuan baik moril, materil serta semangat kerja dan yang turut serta dalam mensukseskan program kerja kami dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Ayahanda Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare beserta pihak LPM UMPAR Tahun 2013 yang telah memberikan pembekalan sebelum pemberangkatan serta telah berupaya keras di dalam pelaksanaan KKN ini.
2.      Bapak Camat Alla beserta jajarannya yang telah menerima kami denganbaik dan senantiasa memberikan arahan dalam program kerja kami.
3.      Bapak Kepala Desa Pana beserta jajarannya dan tak lupa pula masyarakat Desa Pana yang telah banyak memberikan bantuan baik moril maupun materil dalam pelaksanaan program kerja KKN UMPAR sehingga berjalan dengan baik.
4.      Bapak Amir Patintingan, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing Mahasiswa KKN Angkatan XV Kelompok 104 Desa Pana Kecamatan Alla yang telah banyak memberikan bimbingan dan motivasi kepada kami dalam berkarya dan melaksanakan program kerja.
5.      Bapak-bapak Kepala Dusun Desa Pana beserta Ibu-ibu tim penggerak PKK, Tokoh bidang pendidikan dan kesehatan, serta rekan-rekan Pemuda dan Remaja yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan Program Kerja kami selama 2 bulan.
6.      Bapak dan Ibu selaku tuan rumah kami,yang telah sudi menerima kami sebagai bagian dari keluarga.
7.      Korcam dan Rekan-Rekan KKN UMPAR Angkatan XV Tahun 2013 yang berlokasi di Kecamatan Alla atas kekompakan dan kerjasama yang baik antar sesama rekan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Demikian laporan ini kami susun, semoga dapa tmemberikan konstribusi pemikiran kepada seluruh masyarakat agar menjadi bahan pertimbangan untuk melaksanakan segala pembangunan di kecamatan Alla padau mumnya dan Desa Pana pada khususnya.
Akhirnya dengan segala keren dahan hati kami memohon maaf yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak bilamana dalam pelaksanaan KKN terdapat kekeliruan dan kehilafan baik yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja.
Di akhir kata pengantar,  kami mengakui bahwa ternyata Ilmu itu baru bermanfaat ketika orang sudah dapat merasakan hasilnya. Serta, semoga pengabdian kami selama ±2 bulan  dapat memberikan pelajaran dan manfaat tersendiri bagi kami dan meninggalkan hasil karya yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Pana.
Terimakasih, semoga segala aktivitas dan hasil karya yang telah kami kerjakan dapat bermanfaat dan dikenang sebagai hal yang positif dan senantiasa mendapat Rahmat dari Allah SWT dan bernilai ibadah di sisi-Nya, Amin.
Pana, 21 Oktober2013
Penyusun,


Mahasiswa KKN UMPAR Angkatan XV
Tahun 2013 Kelompok 104
Desa Pana Kec. Alla Kab. Enrekang



DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL ...................................................................................       i
HALAMAN PENGESAHAN.........................................................................       ii
KATA PENGANTAR....................................................................................       iii
DAFTAR ISI....................................................................................................       vi

BAB I : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.............................................................................................       1
B.     Profil Desa Pana
1.      Historis Desa Pema................................................................................       2
2.      Keadaan Geografis Desa Pana...............................................................       3
3.      Keadaan Demografis Desa Pana............................................................       4

BAB II : TUJUAN DAN SASARAN KKN
A.    Tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)..............................................................       6
B.     Sasaran Kuliah Kerja Nyata (KKN).............................................................       7

BAB III : PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)
A.    Dasar Penyusunan Program Kerja................................................................       9
B.     Metode Pelaksanaan Program Kerja............................................................       9
C.     Faktor Pendukung dan Penghambat............................................................       10

BAB IV : PENUTUP
A.    Kesimpulan...................................................................................................       12
B.     Saran-Saran..................................................................................................       13

Lampiran-Lampiran
1.      Struktur Organisasi Mahasiswa KKN UMPAR Angk. XV Tahun 2013 Kelompok 104 Desa Pana, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang
2.      Laporan Hasil Kegiatan
3.      Time Schedule
4.      Laporan Keuangan Mahasiswa KKN UMPAR Angk. XV Tahun 2013 Kelompok 104 Desa Pana, Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang
5.      Daftar Surat Masuk Dan Keluar
6.      Dokumentasi Kegiatan
7.      Biodata Mahasiswa KKN UMPAR Angk.XV Tahun 2013 Kelompok 104Desa Buntu Pana, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar