RSS

organisasi dan menejement.



TUGAS ORGANISASI DAN MANAJEMEN


1.      CIRI-CIRI ORGANISASI
Adapun ciri-ciri organisasi adalah  :
·         Adanya komponen (atasan dan bawahan)
·         Adanya kerjasama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
·         Adanya tujuan
·         Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
·         Adanya wewenang dan koordinasi tugas-tugas
(Sumber : kumpulanistilah.blogspot.com)

2.      UNSUR-UNSUR ORGANISASI
       Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :
1.      Manusia
2.      Kerjasama
3.      Tujuan bersama-sama.
        Dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu kesatuan. Namun secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
·         Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
·         Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
·         Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
·         Harus ada tujuan  bersama  yang mau dicapai.
(sumber : Sentot Imam Wahyono dalam bukunya perilaku organisasi)
       Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut :
a.       Man
            Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personil. Pegawai atau personil terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin  suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
b.      Kerjasama
         Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan organisasi.

c.       Tujuan bersama
            Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).
d.      Peralatan ( Equipment)
            Yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
e.       Lingkungan (Environment)
            Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial , budaya, ekonomi, dan teknologi. Kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulator) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu.
(sumber : maliqren.wordpress.com)

4.      PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI
                        Berkaitan dengan pembentukan atau penyusunan suatu organisasi, maka perlu diperhatikan beberapa prinsip-prinsip atau asas organisasi. Diantaranya adalah :
1.      Perumusan tujuan yang jelas
       Tujuan dan arah merupakan hal yang sangat penting dalam pembentukan suatu organisasi. Karena dari tujuan ini akan terlihat hasil yang akan dicapai baik itu secara fisik maupun non fisik.
2.      Pembagian kerja
       Dalam pembentukan suatu organisasi harus terlihat dengan jelas akan pembagian kerja dari masing-masing unit (sub) organisasi, hal ini supaya tidak terjadinya tumpang tindih aktivitas dan dapat menghambat tercapainya suatu tujuan.
3.      Delegasi kekuasaan
       Dengan adanya pembagian kerja tersebut yang jelas makan akan terlihat pulaq garis komando dan delegasi kekuasaan (wewenang) dari masing-masing unit kerja.
4.      Rentang kekuasaan
       Rentang kekuasaan merupakan penjabaran dari pendelegasian suatu kekuasaan. Parameter dan tolak ukur pun harus menjadi bagian dari rentang kekuasaan, sehingga tidak timbul diktatoris kekuasaan atau kesewenangan kekuasaan tersebut.
5.      Tingkat pengawasan
       Penggambaran tingkat pengawasan yang timbul antara atasan dengan sub (unit) bawahannya harus lah terlihat dalam  struktur organisasi tersebut. Sehingga batasan apa yang menjadi hak dan kewajibanbaik itu atasan  maupun bawahan akan tercipta.
6.      Kesatuan perintah dan tanggung jawab
       Dengan tergambarnya struktur organisasi yang jelas maka kesatuan perintah atau komando akan terlihat pula. Begitu juga dengan tanggung jawab dari orang yang memberikan delegasi (perintah) akan nampak.
7.      Koordinasi
       Ini pun harus terlihat dengan jelas dalam penyusunan suatu organisasi. Koordinasi dari masing-masing divisi atau unit kerja akan tercipta. Dengan demikian tujuan suatu organisasi ini akan semakin cepat tercapainya.
(sumber : Arni Muhammad dalam bukunya komunikasi organisasi)


DAFTAR PUSTAKA

kumpulanistilah.blogspot.com
maliqren.wordpress.com
Muhammad, Arni. 2004. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara
Wahyono, Sentot Imam.2010.  Perilaku Organisasi. Penerbit : Graha ilmu

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar